NUSANTARA

Mahasiswa Aceh Demo Tolak RUU Keamanan Nasional

"Jaringan Mahasiswa Kota (JMK) kembali melakukan unjuk rasa terkait Rancangan Undang-undang Keamanan Nasional."

Radio Antero FM

Mahasiswa Aceh Demo Tolak RUU Keamanan Nasional
ruu keamanan nasional, demo, aceh

 KBR68H, Aceh- Jaringan Mahasiswa Kota (JMK) kembali melakukan unjuk rasa terkait Rancangan Undang-undang Keamanan Nasional. Kali ini Unjuk rasa dilakukan di depan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh, Jalan Teuku Nyak Arif, Banda Aceh, Kamis 25 April 2013.

Juru bicara aksi, Mulya Rizki Nanda, mengatakan, draf Rancangan Undang-Undang Keamanan Nasional harus ditolak, karena bukanlah kebutuhan dasar dari masyarakat, melainkan kepentingan elit politik yang tidak rasional.

Selain itu menurut Rizky, RUU Kamnas juga berpeluang untuk terulangnya situasi masa Orde Baru. Mahasiswa menuding RUU Kamnas mirip dengan Kopkamtib (komando pemulihan keamanan dan ketertiban) pada masa Soeharto.

“Ini bukan kebutuhan rakyat, ini tidak lebih dari sekedar kepentingan politik yang tidak rasional, kenapa pemerintah terus membodoh-bodohi rakyatnya,”lanjutnya.

Sebelum mendatangi kantor Kemenkum HAM Aceh, belasan Mahasiswa dari JMK itu juga melakukan orasi di simpang PKA, dan melakukan long march ke kantor kemenkumHAM. Aksi mahasiswa tersebut juga dikewal ketat oleh polisi dari Polresta Banda Aceh.

Sebelumnya JMK juga melakukan aksi ke DPR Aceh, mereka meminta DPR Aceh untuk menolak RUU Kamnas. Aksi itu ditemui oleh Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah. Kepada mahasiswa itu Hasbi Abdullah mengatakan, pihaknya juga siap menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Keamanan Nasional.

Sumber: Radio Antero FM

  • ruu keamanan nasional
  • demo
  • aceh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!