Kebanjiran, Ribuan Keluarga di Sentani Tak Mau Direlokasi

Tiga ribu lebih warga yang tinggal di sekitar danau Sentani menolak untuk direlokasi oleh Pemerintah Daerah. Mereka beralasan, meluapnya danau Sentani bukan masalah baru yang melanda masyarakat sekitar danau.

NUSANTARA

Selasa, 02 Apr 2013 12:47 WIB

Author

I Putu Gede

Kebanjiran, Ribuan Keluarga di Sentani Tak Mau Direlokasi

banjir, sentani, papua, makanan

KBR68H, Sentani – Tiga ribu lebih warga yang tinggal di sekitar danau Sentani menolak untuk direlokasi oleh Pemerintah Daerah. Mereka beralasan, meluapnya danau Sentani bukan masalah baru yang melanda masyarakat sekitar danau.

Selain itu, menurut Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, kebanyakan dari mereka enggan meninggalkan kampung halaman, meski hanya sementara. Oleh sebab itu, Pemda memilih untuk mendistribusikan bahan bangunan agar masyarakat bisa meninggikan rumah mereka.

“Masyarakat memang belum banyak yang bisa mau pindah ke darat atau diungsikan sementara karena memang air pasang ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat sejak tahun 50-an sampai 60-an juga pernah terjadi dua kali seperti ini. Tetapi kejadian ini (meluapnya danau) ,dia terlama. Biasanya itu paling lama hanya 1 minggu air itu sudah turun dan menjadi normal,” ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua kembali memperpanjang masa status tanggap darurat bencana di daerahnya selama 1 minggu ke depan. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, perpanjangan itu dilakukan karena air danau Sentani belum terlihat surut hingga kini.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan