NUSANTARA

Kawah Timbang Dieng Sudah Aman

Kawah Timbang Dieng Sudah Aman

KBR68H, Jakarta - Wisatawan sudah diperbolehkan kembali mengunjungi sembilan kawah yang berada di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Tunut Pujiharjo menuturkan aktivitas gempa tektonik maupun vulkanik dari kawah-kawah tersebut sudah menurun.

Meski begitu otoritas pengamatan gunung api masih terus memantau aktivitas dari sembilan kawah di Dataran Tinggi Dieng tersebut.

"Ada sembilan kawah yang rutin kami pantau. Ada kawah Condrodimuka, Sileri, Sinila, Pager kandang, Sikidang, Siglagah dan lain lain. Wisatawan boleh kunjungi kawah-kawah itu sepanjang mereka di wilayah kawah Timbang menaati peraturan rekomendasi yaitu di luar radius 100 meter," kata Tunut saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya ribuan warga sekitar Dieng mengungsi karena terjadi gempa hingga 5 skala richter.

Warga dan wisatawan dilarang mendekat sampai jarak satu kilometer dari Kawah Timbang karena terus mengeluarkan asap dan gas beracun.

  • Larangan wisatawan
  • Kawah Dieng
  • Semburan gas
  • Dataran Tinggi Dieng
  • PVMBG

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!