Greenpeace: Daerah Resapan Air di Sekitar Danau Sentani Beralih Fungsi

LSM Lingkungan Greenpeace menyatakan luapan danau Sentani di Papua dipicu oleh perubahan ekosistem di sekitarnya. Koordinator Greenpeace Papua, Charles Tawaru mengatakan perubahan diantaranya berkurangnya daerah resapan air. Karena itu Charles meminta pem

NUSANTARA

Selasa, 02 Apr 2013 13:36 WIB

Author

pipit permatasari

Greenpeace: Daerah Resapan Air di Sekitar Danau Sentani Beralih Fungsi

banjir, sentani, papua, makanan

KBR68H, Jakarta - LSM Lingkungan Greenpeace menyatakan luapan danau Sentani di Papua dipicu oleh perubahan ekosistem di sekitarnya. Koordinator Greenpeace Papua, Charles Tawaru mengatakan perubahan diantaranya berkurangnya daerah resapan air. Karena itu Charles meminta pemerintah segera melakukan normalisasi sungai-sungai yang mengalami pendangkalan.

“Ekosistem danau ini harus diperhatikan dengan baik. Artinya tempat-tempat resapan air di sepanjang danau ini banyak yang berubah. Artinya ditimbun kemudian dijadikan pembangunan. Ini menutupi pori-pori resapan air. Ketika itu daya serap telah berkurang. Ketika hujan terjadi dia tidak lagi bisa menyerap untuk keseimbangan air di danau,” ujar Charles Tawaru saat dihubungi KBR68H.

Air danau Sentani, Papua meluap sejak beberapa pekan terakhir. Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua telah memperpanjang masa status tanggap darurat bencana di daerahnya selama 1 minggu ke depan. Namun tiga ribu lebih warga yang tinggal di sekitar danau Sentani menolak untuk direlokasi. Mereka beralasan, meluapnya danau Sentani bukan masalah baru yang melanda masyarakat sekitar danau.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan