DPR Aceh Segera Selesaikan Qanun KKR Sebelum Tahun Depan

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) berjanji akan menyelesaikan qanun Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) sebelum masa jabatan berakhir awal tahun depan.

NUSANTARA

Kamis, 18 Apr 2013 16:49 WIB

Author

radio Antero

DPR Aceh Segera Selesaikan Qanun KKR Sebelum Tahun Depan

korban ham, aceh, komisi kebenaran dan rekonsiliasi

KBR68H, Aceh - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) berjanji akan menyelesaikan qanun Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) sebelum masa jabatan berakhir awal tahun depan.

Wakil ketua komisi A DPR Aceh Nurzahri mengatakan, tujuan pembentukan KKR untuk mengungkap semua peristiwa yang terjadi selama konflik di Aceh. Penyusunan qanun ini akan melibatkan semua lembaga yang peduli pada HAM. Dia berharap qanun bisa segera selesai dan Lembaga KKR bisa cepat dibentuk.

“Sampai hari ini hak korban terhadap kebenaran sangat rendah, kami juga di DPR Aceh berharap sebelum masa kami habis kami sudah selesaikan hutang kami terhadap korban konflik, ini belum bicara pengadilan HAM, karena bagian tersendiri,” lanjutnya.

Nurzahri menambahkan pelanggaran HAM yang akan ditelusuri oleh KKR tidak terikat masa waktu. Hasil penelusuran KKR akan direkomendasikan ke pengadilan HAM, namun hal itu akan diatur kembali termasuk pembentukan pengadilan HAM.

Sementara , Peneliti Human Rights Watch (HRW), Andreas Harsono, menyebutkan ada 13 kategori pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) yang pernah terjadi di Aceh, antara lain, pembunuhan ekstrajudisial, penyerangan terhadap kaum sipil, penghilangan paksa, penyiksaan dan perlakuan sewenang-wenang, kekerasan seksual, penahanan sewenang-wenang dan pelanggaran proses hukum, pemindahan paksa, penjarahan dan perampasan saat perang.

Sumber: radio Antero

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18