NUSANTARA

DPR Aceh: Uji Mampu Baca Qur'an Bakal Caleg Transparan

DPR Aceh: Uji Mampu Baca Qur'an Bakal Caleg Transparan

KBR68H, Banda Aceh- Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mengapresiasi kinerja KIP Aceh dalam menjalankan tahapan uji mampu baca Al-Qur’an bagi bakal calon legislatif (Bakal Caleg) di provinsi Aceh.

Hal itu dikatakan anggota komisi A DPR Aceh Abdullah Saleh selepas mengikuti uji mampu baca Al-Qur’an di Asrama haji Banda Aceh Senin siang. Abdullah Saleh merupakan salah seorang caleg dari partai Aceh pada pemilu 2014 mendatang.

Abdullah Saleh mengatakan secara umum proses uji mampu baca Qur’an kali ini jauh lebih transparan, karena dilakukan secara terbuka, sehingga masyarakat pun berkesempatan untuk melihat langsung proses uji mampu baca Al-Qur’an.

“Ini sudah lebih bagus dibanding periode lalu, dulu tidak ada orang lain yang menyaksikan, tapi sekarang terbuka sehingga semua bisa melihat langsung, tidak hanya juri yang menilai,”lanjutnya.

Sementara itu hari terakhir pelaksanaan uji mampu baca Al-Qur’an Senin (29/4) diikuti oleh bakal caleg dari lima Partai Politik Lokal dan Nasional, masing-masing Partai Damai Aceh (PDA), Partai Nasional Aceh (PNA), Parai Aceh, Partai Bulan Bintang dan PKPI.

Ketua Pokja Uji Mampu Baca Al-Qur’an KIP Aceh Akmal Abzal mengatakan khusus untuk hari terakhir, proses uji mampu baca Al-Qur’an dilaksanakan di dua tempat, masing-masing Asrama Haji dan kantor KIP Aceh, khusus untuk PNA proses uji mampu baca Al-Qur’an dilaksanakan di kantor KIP Aceh.

Menurutnya proses uji mampu baca Qur’an yang berlangsung selama tiga hari berjalan lancar, puluhan  Bacaleg dinyatakan gugur karena tidak hadir dan sebagian lainnya tidak mampu membaca Al-Qur’an sama sekali.

Sumber: Radio Antero FM

  • alquran
  • banda aceh
  • caleg

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!