BPBD Jateng Perbaiki Rumah Korban Gempa Dieng

KBR68H,Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mulai menangani rumah yang rusak akibat gempa vulkanik di Desa Pekasiran, Banjarnegara, Jawa Tengah.

NUSANTARA

Senin, 22 Apr 2013 16:43 WIB

Author

Gungun Gunawan

BPBD Jateng Perbaiki Rumah Korban Gempa Dieng

Kawah Timbang, Dampak gempa, kondisi rumah warga, bantuan BPBD

KBR68H,Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mulai menangani rumah yang rusak akibat gempa vulkanik di Desa Pekasiran, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Ada puluhan rumah yang rusak akibat gempa vulkanik di kawasan Pegunungan Dieng.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Permana menyatakan, perbaikan rumah dikerjakan oleh tim gabungan dari BPBD Banjarnegara, BPBD Cilacap, Banyumas, serta mendapat bantuan dari TNI dan Polri.

"Hari ini BPBD sedang fokus pada assesment (penilaian) untuk rumah rusak di Kelurahan Pekasiran. Menurut informasi ada sekitar 50 rumah yang rusak. Dibilang rusak berat juga tidak, karena masih bisa ditempati. Namun pembatasan soal mana yang rusak berat atau ringan itu mungkin tim nanti yang lebih tahu. Tapi sejauh ini rumahnya masih bisa ditempati," kata Sarwa Permana kepada KBR68H.

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana menambahkan, tim gabungan juga berencana melakukan kerja bakti membersihkan sisa-sisa bencana kemarin.

Hingga saat ini personel BPBD masih mendampingi warga supaya tidak masuk ke area berbahaya yaitu radius satu kilometer (1,000 meter) di sekitar Kawah Timbang, Dieng.  


Pada Jumat malam lalu, gempa mengguncang kawasan Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lebih dari 100 rumah dikabarkan rusak dan seribu warga harus mengungsi.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste