NUSANTARA

BPBD Banyuwangi: Wisatawan Ndableg Masuk Gunung Ijen

"BPBD Banyuwangi: Wisatawan Ndableg Masuk Gunung Ijen"

Pipit Permatasari

BPBD Banyuwangi: Wisatawan Ndableg Masuk Gunung Ijen
Gunung Ijen, Status siaga, gas beracun gunung api, BPBD Banyuwangi

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur meminta Dinas Pariwisata setempat melarang wisatawan lokal maupun asing mendekati Gunung Ijen.


Gunung Ijen saat ini masih berstatus siaga. Kepala BPBD Banyuwangi Wiyono mengatakan, pelarangan dilakukan untuk mencegah terjadinya korban jika sewaktu-waktu gunung tersebut mengeluarkan gas beracun.

"Kalau penambang belerang total sudah berhenti. Cuma yang ndablek (ngeyel) itu para wisatawan. Oleh karena itu kepada Dinas Pariwisata kita minta untuk melakukan imbauan-imbauan. Kalau perlu juga menghalau orang-orang yang akan berkunjung kesana. Sebab kalau dipaksakan, kalau sewaktu-wakltu ada letusan dan gas beracun yang keluar tentunya sangat membahayakan," ujar Wiyono saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Ijen di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur dalam beberapa hari ini terus meningkat.


Radius 1,5 kilometer dari puncak gunung saat ini disterilkan dari segala kegiatan manusia, baik penambangan maupun pariwisata.

  • Gunung Ijen
  • Status siaga
  • gas beracun gunung api
  • BPBD Banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!