NUSANTARA

300 Rumah di Kudus Terendam Banjir

"Sekitar 300 rumah di Karangturi, Setrokalangan, Kaliwungu ,Kudus, Jawa Tengah terendam banjir. Banjir ini kiriman dari Blora dan Grobogan sebagai efek luapan sungai Bengawan Solo."

Ahmad Rodli

300 Rumah di Kudus Terendam Banjir
Kudus Terendam Banjir

KBR 68H, Kudus - Sekitar 300 rumah di Karangturi, Setrokalangan, Kaliwungu ,Kudus, Jawa Tengah terendam banjir. Banjir ini kiriman dari Blora dan Grobogan sebagai efek luapan sungai Bengawan Solo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Sudiarso mengatakan, banjir kiriman yang masuk sungai Wulan Kudus tersebut sudah melewati batas daya tampung. Kondisi diperparah dengan jebolnya tanggul sepanjang 10 meter. BPBD telah mengevakuasi warga lanjut usia dan anak-anak ke lokasi pengungsian di Balai Desa Garunglor Kaliwungu Kudus.

"Ini aksesnya kan tertutup kendaraan tidak bisa lewat, sehingga kita siapkan dua perahu karet. Sementara itu dan yang dilokasi sana, perkampungan kita sudah amankan anak-anak kecil, orang tua dan harta-harta mereka sudah ditinggikan. (Diperkirakan sampai kapan ini airnya terus meninggi, Pak?) Diperkirakan nanti sore sudah masuk ke rumah penduduk. Cuma prediksi kami, teman-teman teknis, kalau kondisinya seperti ini terus, naiknya ke rumah penduduk sebatas lutut orang dewasa, tapi kalau banjir kirimannya tambah banyak ya kita tidak bisa berbuat banyak," terang Sudiarso kepada KBR68H.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKPB Bambang Murdoko saat meninjau lokasi mengatakan, pihak kepolisian dibantu masyarakat telah siap menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan untuk mengungsi. Saat ini kepolisian masih beroordinasi dengan Tim SAR dan satuan lain untuk pengamanan dan membantu masyarakat untuk evakuasi.

  • Kudus Terendam Banjir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!