Bagikan:

Teten: MotoGP Mandalika, Peluang UMKM Raup Cuan Puluhan Miliar

Potensi laba usaha di Mandalika selama ajang MotoGP (18-20 Maret 2022) cukup besar, bahkan mencapai Rp90 miliar. Itupun baru hitungan untuk UMKM penyedia kuliner atau makanan dan minuman saja.

NUSANTARA | OLAHRAGA

Jumat, 18 Mar 2022 17:53 WIB

Peluang UMKM Raup Cuan Puluhan Miliar

Barisan tenda UMKM di area Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB selama gelaran MotoGP (18-20 Maret 2022). (Foto: KBR/Zainudin Syafari)

KBR, Mataram - Para pelaku UMKM diharapkan mampu mengambil kesempatan untuk meraup keuntungan, sekaligus menjadikan ajang balap MotoGP sebagai wahana promosi produk-produknya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, selama gelaran MotoGP ini jajarannya telah melakukan kurasi sekitar 1.300 UMKM untuk ditempatkan di kawasan Mandalika dan sekitarnya. UMKM tersebut berasal dari kawasan lokal maupun luar wilayah.

Teten menghitung, potensi laba usaha di Mandalika selama ajang MotoGP (18-20 Maret 2022) cukup besar, bahkan mencapai Rp90 miliar. Itupun baru hitungan untuk UMKM penyedia kuliner atau makanan dan minuman saja.

"Kalau (tamu MotoGP) sekali makan sekitar Rp50 ribu saja, dikalikan 3 hari pelaksanaan dan dikalikan lagi 6 hari, ya sekitar Rp90 miliar perputaran uang dari sektor makanan saja. Kalau yang merchandise, suvenir kita belum tahu berapa (potensinya)," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat kunjungan kerja di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022).

Teten juga mengungkapkan, produk UMKM yang kali ini dihadirkan di Sirkuit Mandalika, sangat disesuaikan dengan kebutuhan penonton. Misalnya UMKM kuliner, dan yang menghadirkan suvenir khas MotoGP. Hal itu, belajar dari gelaran World Superbike (WSBK) pada November 2021 lalu, dimana banyak pelaku usaha yang terpaksa harus "gigit jari" lantaran sepinya animo pembeli. Semua itu karena produk maupun barang yang dijual tidak sesuai dengan kebutuhan penonton WSBK.

Untuk itu, menurut Teten, gelaran MotoGP di Mandalika harus dimanfaatkan oleh UMKM lokal untuk berpromosi. Tujuannya, agar lebih dikenal oleh konsumen bahkan dari luar daerah. "Sekaligus pula jadikan event ini untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya berjualan demi menaikkan omset usaha," tuturnya.

Baca juga:

- Geliat Ekonomi Akar Rumput Jelang MotoGP Mandalika

- Pemerhati MotoGP: Pemerintah Harus Carikan Sponsor untuk Pembalap Nasional

Diharapkan pula, penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika tahun ini menjadi momentum untuk membaca pasar. "Apa saja yang menjadi kebutuhan utama penonton di sana, sehingga untuk event-event selanjutnya, pelaku UMKM bisa membuat dan menyajikan produk yang sesuai dan lebih tepat sasaran," urai Teten lagi.

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending