NUSANTARA

Presidensi G20, 200 Delegasi Bahas Pendidikan di Yogyakarta

"“Mengingat situasi yang ada sebagian delegasi hadir secara virtual. Yang hadir fisik itu 27""

Ken Fitriani

Iwan Syahril, Ketua Kelompok Kerja Pendidikan Presidensi G20 konpers di Yogyakarta, Rabu (16/03/22).
Iwan Syahril, Ketua Kelompok Kerja Pendidikan Presidensi G20 konpers di Yogyakarta, Rabu (16/03/22). (Kemendikbud)

KBR, Jakarta-   Sebanyak 200 delegasi  yang terdaftar dari negara anggota G20,  mengikuti pembukaan Presidensi KTT G20 di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sebanyak 27 delegasi   dipastikan hadir secara langsung.

DIY menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Presidensi KTT G20 di Indonesia selain Jakarta dan Bali.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, karena situasi yang ada saat ini, sebagian delegasi memilih hadir secara virtual. Kata dia, yang hadir secara fisik   27 delegasi,   berasal dari negara anggota G20 maupun organisasi internasional yang berada di Indonesia.

“Mengingat situasi yang ada sebagian delegasi hadir secara virtual. Yang hadir fisik itu 27 ini  masing-masing perwakilan asing di Jakarta baik itu anggota G20 maupun organisasi internasional yang ngepos di Indonesia,“ kata Aji di Komplek Kepatihan Yogyakarta, Rabu (16/3/2022).

Baca juga:


Agenda awal dalam rangkaian G20 di DIY adalah pertemuan tingkat tinggi dengan tajuk "First Education Working Group Meeting" yang digelar di Royal Ambarrukmo Hotel pada 16 – 18 Maret 2022. Pertemuan tersebut akan membahas tentang masalah Pendidikan dan tukar menukar pengalaman antara anggota G20.

“Fokusnya membicarakan tentang masalah Pendidikan. Mereka akan tukar menukar pengalaman di antara anggota G20. Karena kondisi seperti ini peserta cukup banyak memililh melakukan secara virtual. Ini kan diselenggarakan secara blended ya,“ terang Aji.

Para peserta yang mengikuti acara tersebut secara luring diwajibkan mengikuti system buble dan rutin melakukan tes antigen sebelum mengikuti rangkaian acara. System buble ini dimaksudkan untuk membatasi interaksi peserta dengan individu lain di luar kelompok yang telah ditentukan.


Editor: Rony Sitanggang

  • Tema Presidensi G20
  • Indonesia Pegang Presidensi G20
  • Presiden Joko Widodo
  • Presidensi G20

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!