Bagikan:

Luka Parah, Induk Gajah Liar Gagal Diselamatkan di Aceh Besar

”Tim medis melakukan berbagai upaya penanganan antara lain, seperti pemberian cairan infus dan pengobatan selama kurang lebih tiga hari."

NUSANTARA

Selasa, 01 Mar 2022 16:34 WIB

Induk gajah liar mati di pedalaman Desa Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, A

Induk gajah liar mati di pedalaman Desa Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (1/3). (BKSDA Aceh)

KBR, Aceh-  Satu induk gajah liar dinyatakan mati di pedalaman Desa Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (1/3). Satwa dilindungi ini tak tertolong kendati sempat dilakukan upaya penanganan medis lantaran terinfeksi luka parah yang diprediksi telah lama dialami.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan, tim dokter dan ahli hewan tak mampu menyelamatkan satwa liar itu dikarenakan  infeksi luka sudah menyebar ke seluruh organ tubuh.

Kata Dia, sebelum mati gajah betina berusia sekitar 30 tahun ini sempat ditangani oleh pihak medis selama tiga hari.

”Tim medis melakukan berbagai upaya penanganan antara lain, seperti pemberian cairan infus dan pengobatan selama kurang lebih tiga hari. Akhirnya, gajah betina berjenis kelamin betina itu tidak bertahan,” kata Agus Arianto menjawab KBR.

Baca juga:

Bayi Gajah Ditemukan Mati Terluka di Aceh Timur

Tiga Harimau Sumatera Mati di Aceh Selatan


Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto   memastikan berdasarkan  hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) tidak ditemukan adanya unsur kesengajaan. 

Kata  Dia, BKSDA sudah mengambil beberapa sampel organ tubuh untuk diuji laboratorium, seperti feses, usus, cairan usus, ginjal, jantung, limpa, hati, paru-paru, dan lidah.

3 bulan 3 ekor Mati


Agus Arianto memaparkan, BKSDA Aceh mencatat pada  Januari hingga 1 Maret 2022 tercatat ada tiga ekor gajah yang mati di Aceh. Semuanya diperkirakan karena  faktor alam atau bukan ulah manusia.

Pertama temuan kasus kematian satu ekor gajah jantan di alur sungai Dusun Jabal Antara, Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

Kedua, penemuan bangkai bayi gajah betina di alur sungai Dusun Gle Alue Intan, Desa Cot Kreh, Kecamatan Keumala, Kabupaten Pidie.

Terakhir, yaitu induk gajah liar yang mati di pedalaman Desa Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar.

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?