NUSANTARA

Bandara Intan Jaya Ditinggal Petugas selama 6 Bulan

"Mereka meninggalkan tanggung jawab sejak terjadi pembakaran di sekitar Bandara Intan Jaya, Oktober 2021."

Bandara Intan Jaya Ditinggal Petugas
Ilustrasi Bandara Bilorai, Papua. Foto: BIJB

KBR, Jayapura- Bandara Bilorai di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua ditinggal petugas dengan alasan keamanan selama berbulan-bulan.

Kapolres Intan Jaya, Sandi Sultan mengatakan tidak ada petugas bandara maupun karyawan maskapai penerbangan yang melaksanakan tugas di sana sejak Oktober 2021 hingga kini.

Mereka meninggalkan tanggung jawab sejak terjadi pembakaran di sekitar Bandara Intan Jaya, Oktober 2021.

"Kurang lebih enam bulan, staf daripada bandara, ataupun kepala bandara, yang bertanggung jawab dengan bandara, serta AirNav yang bertanggung jawab penerbangan maskapai yang ada masuk ke Bandara Bilorai, Kabupaten Intan Jaya ini, tidak melaksanakan tugas. Sampai kapan mau seperti ini?" kata Sandi Sultan, Kamis (18/3/2022).

Akibatnya, sejak enam bulan terakhir tidak ada petugas yang memandu pesawat saat akan mendarat atau lepas landas dari Bandara Bilorai.

Katanya, operasional bandara hanya dibantu anggota TNI-Polri yang melakukan pengamanan di sekitar bandara. Padahal wilayah itu hanya dapat dijangkau dengan pesawat berbadan kecil.

"Kondisi keamanan daripada Intan Jaya, saya bertanggung jawab. Saat ini saya katakan aman dan kondusif. Kepala bandara beserta stafnya, beserta AirNav laksanakan tugas Anda. Kami amankan," kata Sandi.

Kapolres Intan Jaya, Sandi Sultan menambahkan, penerbangan di Bandara Intan Jaya kini sangat riskan, sebab tidak ada petugas yang memandu pesawat saat akan mendarat atau lepas landas.

Situasi ini dikhawatirkan akan berdampak pada keselamatan penerbangan di wilayah itu.

Kapolres Intan Jaya telah meminta bupati setempat segera berkoodinasi dengan kepala bandara dan pihak maskapai penerbangan.

Ia juga berencana melaporkan situasi di Bandara Intan Jaya itu, kepada Kementerian Perhubungan.

Baca juga:

Kelompok Bersenjata Tembak 8 Pekerja Tower BTS di Kabupaten Puncak Papua

Edito: Sindu

  • Bandara Bilorai
  • Papua
  • Bandara Bilorai Intan Jaya
  • Bandara Bilorai Sugapa
  • Satgas Damai Cartenz
  • Kemenhub

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!