BERITA

Varian Baru Covid B117, Pemkot Balikpapan Tunggu Hasil Tracing Kemenkes

Varian Baru Covid B117, Pemkot Balikpapan Tunggu Hasil Tracing Kemenkes

KBR, Balikpapan-      Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi membenarkan, salah satu warganya yang bekerja di Arab Saudi sebagai TKI terpapar varian baru covid-19, B117.  Kata dia, dari laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) awalnya yang bersangkutan bersama rekannya yang lain yang juga positif terpapar B117, terdeteksi ketika masuk ke Indonesia.

Hanya saja ketika itu, hanya covid-19, bukan B117. Sehingga sempat menjalani isolasi di Wisma atlet Jakarta. Kemudian dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang.

Namun setelah hasil pemeriksaan lainnya, justru menunjukkan terinfeksi varian baru B117. Saat itu yang bersangkutan telah pulang ke Balikpapan bertemu istri dan anaknya.

Kemenkes lantas menerjunkan tim melakukan tracing kepada keluarga dan yang kontak erat di Balikpapan. Hasilnya pun diperiksa di Jakarta.

Hingga kini belum ada laporan dari Kemenkes dari hasil pelacakan. Rencananya Kemenkes akan langsung ke Balikpapan menyampaikan hasilnya.

“Kemudian sudah dikarantina oleh tim di Wisma Atlet, hasilnya negatif sehingga dipulangkan. Tapi ternyata, kan masih dilakukan tes lain terhadap varian baru B117,  ternyata menunjukkan dia ada B117-nya. Karena sudah pulang Kementerian Kesehatan bergerak ke Balikpapan,” ujar Rizal Effendi, Rabu (10/03)

Rizal Effendi menuturkan sudah sempat menawarkan agar yang  bersangkutan menjalani isolasi dulu di Embarkasi Haji bersama keluarga yang kontak erat.  Hanya saja dia menolak, karena menganggap sudah negatif seperti yang disampaikan Kemenkes dan memilih isolasi di rumah bersama keluarga. Kata dia, yang bersangkutan dan keluarga hanya mau diisolasi di Embarkasi jika hasil  pelacakan kotak erat dari Kemenkes sudah keluar.


Editor: Rony Sitanggang

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

  • #satgascovid19
  • #cucitanganpakaisabun
  • #IngatPesanIbu
  • vaksin
  • #pakaimasker
  • #jagajarak
  • #Takkenalmakatakkebal
  • #KBRLawanCovid19
  • COVID-19
  • #vaksinasicovid-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!