BERITA

Varian Baru Covid B117, Kemenkes Minta Pemprov Kaltim Bantu Lacak 2 Kontak Erat

"“Masih ada dua (orang) yang masih dicari karena katanya masuk ke pedalaman.""

Varian Baru Covid B117, Kemenkes Minta Pemprov Kaltim Bantu Lacak 2 Kontak Erat
Ilustrasi: Wisuda Penyintas Covid. (Foto: Antara)

KBR, Balikpapan-      Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan, hingga kini masih ada dua orang yang pernah kontak erat dengan TKI yang dideteksi terpapar varian baru B117 yang belum ditemukan. Dua orang tersebut kabarnya berada diwilayah pedalaman.

Sehingga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta bantuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan tracing kepada dua orang tersebut.

Sejauh ini sudah ada 12 orang yang dilakukan tracing dilakukan pemeriksaan diantaranya, 4 orang keluarga terdekat, yakni istri dan 3 anaknya. Kemudian warga di lingkungan RT.

Kata dia, yang perlu diwaspadai salah satu anaknya dari pemeriksaan awal diketahui reaktif rapid antigen. Namun untuk memastikannya masih menunggu hasil pemeriksaan dari Kemenkes.

Satgas RT, Babinsa dan Babinkabtimas telah ditugaskan untuk mengawasi mereka yang  agar tidak keluar rumah dan beraktifitas sampai hasil pemeriksaan dari Kemenkes keluar.

“Masih ada dua (orang) yang masih dicari karena katanya masuk ke pedalaman. Masih ada dua (orang) yang belum. Tapi yang perlu kita waspadai, salah satu anak dari yang terkonfirmasi B117 itu rapid antigennya reaktif, untuk kita waspadai,” ujar Rizal, Kamis (11/03)

Rizal Effendi mengungkapkan, dari laporan yang diterima bersangkutan masuk ke Indonesia dari Arab Saudi pada 5 Februari melalui bandara Soekarno Hatta. Lalu 6 Februari hasil swab PCR positif, 8 Februari masuk wisma atlit. Pada 20 Februari dia sudah negative dari hasil swab

Pada 21 Februari bersangkutan pulang ke Kota Balikpapan dan ternyata dari pemeriksaan lanjutan bersangkutan positif B117. Lalu tim dari Kemenkes ke Balikpapan melakukan tracing. Pemerintah Kota Balikpapan baru diberitahu pada 7 Maret.

Satgas RT, Babinsa dan Babinkabtimas telah ditugaskan untuk mengawasi mereka yang di tracing agar tidak keluar rumah dan beraktifitas sampai hasil pemeriksaan dari Kemenkes keluar.


Editor: Rony Sitanggang

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

  • #cucitanganpakaisabun
  • #Takkenalmakatakkebal
  • #IngatPesanIbu
  • #KBRLawanCovid19
  • vaksin
  • COVID-19
  • #pakaimasker
  • #vaksinasicovid-19
  • #satgascovid19
  • #jagajarak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!