Perpanjang PPKM Mikro, Satgas Covid Balikpapan Longgarkan Pasar Malam dan Rekreasi Air

“Perpanjangan PPKM Mikro kita yang ketiga untuk tanggal 28 Maret sampai 10 April 2021. Sedikit kita tambah relaksasi"

BERITA | NUSANTARA | RAGAM

Jumat, 26 Mar 2021 10:45 WIB

Author

Teddy Rumengan

Perpanjang PPKM Mikro, Satgas  Covid Balikpapan Longgarkan  Pasar Malam dan Rekreasi Air

Monitoring dan supervisi PPKM Mikro oleh Wali Kota Balikpapan dan Satgas Covid-19 di Kelurahan Graha Indah, Rabu (24/2). (Pemkot/Esa Fatmawati)

KBR, Balikpapan-    Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro tahap ketiga periode 28 Maret hingga 10 April 2021. Perpanjangan dilakukan karena berhasil menurunkan kasus covid-19. Sebelumnya rata-rata 100-200 kasus setiap harinya, kini dalam dua pekan terakhir setiap harinya 50 kasus kebawah.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, pada perpanjangan PPKM skala mikro tahap ketiga ada beberapa relaksasi di antaranya fasilitasi kolam renang dan pasar malam maupun arena bermain air bisa dibuka.

Menurutnya, untuk fasilitas kolam renang dan waterboom dibatasi hanya 25 persen dari kapasitas karena menyesuaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bahwa fasilitas umum diperkenankan buka dengan bertahap.

Sedangkan untuk pasar malam juga dibatasi dalam sepekan hanya tiga hari yakni Senin, Kamis dan Sabtu. Tetap dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Perpanjangan PPKM Mikro kita yang ketiga untuk tanggal 28 Maret sampai 10 April 2021. Sedikit kita tambah relaksasi terkait dengan kegiatan usaha atau penyediaan fasilitas kolam renang umum atau waterboom untuk kegiatan masyarakat kita berolahraga dan rekreasi itu mulai kita buka diperpanjangan ketiga ini namun dengan kapasitas maksimal 25 persen,” ujarnya, Jumat (26/03)

Dia menambahkan, kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT maupun kelurahan dalam perpanjangan PPKM tahap ketiga juga diperbolehkan namun dengan pembatasan. Yakni maksimal 200 orang undangan dengan durasi maksimal 5 jam, 2 jam awal, 1 jam istirahat dan 2 jam berikutnya. Sama dengan resepsi pernikahan yang juga diberikan izin.

Data di situs Pemprov Kalimantan Timur menunjukkan jumlah positif covid-19 di Balikpapan total berjumlah 14.818 orang. Sebanyak 13.534 sembuh, 536 meninggal dan 748  orang masih dirawat.

Editor: Rony Sitanggang

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

'Kiat Membuat Quality Time Bareng Keluarga'

Kabar Baru Jam 7

Sekolah Tatap Muka Mesti Diawasi

Kabar Baru Jam 8

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa