BERITA

Waspadai Penularan Virus Flu Burung ke Manusia

"Gejalanya mirip dengan flu biasa, oleh sebab itu disebut Flu Like Syndrom."

Hermawan Arifianto

Waspadai Penularan Virus Flu Burung ke Manusia
Ilustrasi- Sejumlah peternak ayam di kawasan Cibinong, Depok mengaku khawatir dengan mewabahnya flu burung di sejumlah daerah (23/3). Foto: Antara

KBR, Banyuwangi- Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menghimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan mengindari kontak dengan unggas yang positif flu burung.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Wiji Lestariono mengatakan, penularan unggas yang terinfeksi flu burung terhadap manusia bisa terjadi. “Gejalanya mirip dengan flu biasa, oleh sebab itu disebut Flu Like Syndrom. Namun disertai dengan gejala lainya, yaitu sesak nafas, Itu menjadi indikator yang sangat penting, virus ini perlu diwaspadai,” jelas Wiji Lestariono (24/3/2016).

Oleh karena itu, kata dia, selama ada hewan yang positif, maka manusia juga tetap berisiko terinfeksi.

“Jika ada masyarakat yang mengalami gejala tersebut, diharapkan segera dibawa ke pukesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan tindakan medis”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Wiji Lestariono menambahkan, Dinas Kesehatan telah melakukan penyuluhan terhadap masyarakat terkait bahaya virus flu burung. “Perilaku hidup bersih dan sehat bisa mengurangi resiko penularan virus,” kata Wiji.

Dinas Kesehatan, kata dia, telah menyiagakan seluruh Puskesmas di seluruh Banyuwangi dan menyiapkan ruangan khusus pasien suspect flu burung di Rumah Sakit Umum Blambangan Banyuwangi.

Sebelumnya, Dinas Peternakan Banyuwangi menyatakan ribuan unggas yang mati mendadak di Desa Weringinagung Banyuwangi Jawa Timur, positif flu burung.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Banyuwangi, Bambang Sugianto usai hasil pemeriksaan cepat yang dilakukan terhadap air liur dan cairan dubur menggunakan alat rapid test.

Bambang menegaskan, dengan adanya kasus flu burung ini, Dinas Peternakan melarang para peternak menjual atau memindahkan unggas dari Desa Weringinagung untuk menghambat penyebaran virus flu burung. “Tidak boleh ada jual beli untuk sementara,” tegas Bambang.

Editor: Malika

  • virus flu burung
  • flu burung
  • banyuwangi
  • dinas kesehatan banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!