BERITA

Unggas Terinfeksi Flu Burung, Kementan Siapkan Ganti Rugi

Unggas Terinfeksi Flu Burung, Kementan Siapkan Ganti Rugi

KBR, Banyuwangi - Kementerian Pertanian menyiapkan ganti rugi untuk unggas milik peternak di Desa Weringinagung , Banyuwangi, Jawa Timur yang positif terjangkiti virus flu burung. Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmati mengatakan, besaran ganti rugi ini masih dalam pengkajian.

"Kami minta dulu harga pasar di sini yang diketahui oleh Pak Kadis (Kepala Dinas Peternakan--Red), oleh ketua kelompak, oleh bebrapa peternak bahwa harga pasar disini 40 ribu (Rupiah), 30 ribu misalnya itu semua tanda tangan diatas kertas plus materai. Jadi atas itu saya percaya bahwa apa yang disampaikan kepala dinas, disampaikan oleh kelompok tani itu bukan angka manipulasi. Sehingga nanti kami bisa serahkan penggantinya langsung ke peternaknya, yang masih sisa ini kita mau musnahkan,”kata I Ketut Diarmati (26/3/2016).


I Ketut Diarmati menambahkan, hitungan ganti rugi hanya berlaku untuk unggas yang masih hidup. Sedangkan unggas yang sudah dimusnakan tak termasuk hitungan. Setelah penghitungan ganti rugi, barulah unggas-unggas yang masih hidup tersebut dimusnahkan. Sebab berdasarkan hasil tes cepat dan pengamatan tim Kementrian Pertanian dan Dinas Peternakan setempat, unggas–unggas yang masih hidup itu, positif flu burung.


Pemusnahan tersebut, kata Diarmati, bertujuan menekan penyebaran virus flu burung ke daerah lain . Selain itu juga mencegah penularan virus flu burung dari unggas ke manusia.


Sebelumnya, Dinas Peternakan Banyuwangi menyatakan ribuan unggas yang mati mendadak di Desa Weringinagung, positif flu burung . Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Banyuwangi, Bambang Sugianto mengatakan,  hal tersebut terlihat dari hasil pemeriksaan cepat yang dilakukan pihaknya, terutama dari pemeriksaan air liur dan cairan dubur unggas dengan alat rapid test.

Editor: Nurika Manan

  • Flu burung; H5N1
  • Kompensasi Flu Burung
  • Flu Burung Banyuwangi
  • Kementerian Pertanian Ganti Rugi Flu Burung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!