BERITA

Tolak Reklamasi Teluk Benoa, Ribuan Warga Duduki Pintu Tol Bali Mandara

"Aksi ribuan warga ini diklaim sebagai yang terbesar selama aksi marathon menolak reklamasi Teluk Benoa. "

Yulius Martony

Tolak Reklamasi Teluk Benoa, Ribuan Warga Duduki Pintu Tol Bali Mandara
Ribuan warga Bali tolak reklamasi Teluk Benoa. Foto Yulius Martony

KBR, Bali - Ribuan warga yang menolak reklamasi Teluk Benoa menduduki pintu Tol Bali Mandara dari arah Bandara Ngurah Rai. Akibat aksi ini, kendaraan dari Nusa Dua dan Denpasar yang melalui tol tertutup dan menimbulkan antrian panjang. Aksi ribuan warga ini diklaim sebagai yang terbesar selama penolakan reklamasi Teluk Benoa.

Mereka mengawali aksi dengan long march dari Pura Desa Pakraman atau Adat Kelan (sebelah selatan Bandara) ke bundaran Taman Patung Ngurah Rai, Tuban. Pawai ogoh-ogoh bertemakan penolakan reklamasi Teluk Benoa juga dihadirkan dalam long march tersebut.

Bendesa adat Kuta, I Wayan Swarsa mengatakan, pemerintah harus segera membatalkan rencana reklamasi Teluk Benoa karena yang menolak seluruh masyarakat Bali.

"Kita tunjukan bahwa masyarakat Bali yang menolak reklamasi tidak segelintir saja tapi seluruh sleman masyarakat Bali yang menolak reklamasi," ujarnya.


Aksi damai hari ini melibatkan 27 desa adat yang telah menyatakan penolakannya terhadap rencana reklamasi Teluk Benoa. Selain itu, aksi akan diikuti oleh organisasi pemuda adat, organisasi kemasyarakatan, komunitas yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Bali.


Editor : Sasmito Madrim

  • Reklamasi Teluk Benoa
  • Tol Bali Mandara
  • Bali
  • desa adat
  • Nusa Dua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!