BERITA

Penambang Ilegal Ngotot Ingin Aktif Lagi

"Mereka menambang di kawasan taman nasional Lore Lindu"

Erna Dwi

Penambang Ilegal Ngotot Ingin Aktif Lagi
Penambang emas ilegal "menggeruduk" DPRD Palu desak mereka bisa menambang lagi di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Kamis (03/03/2016) (Foto: Erna Dwi)

KBR, Palu-  Ribuan penambang emas liar di kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), mendatangi kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, di Jalan Sam Ratulang, Kota Palu. Mereka meminta pemerintah melegalkan wilayah yang masuk sebagai kawasan Taman Nasional Lore Lindu sebagai penambangan rakyat.

“Kami datang ke sini untuk aksi damai bukan anarkis. Kami perlihatkan kepada warga kota Palu bahwa kita datang ke sini untuk aksi damai. Buka tambang emas di Dongi-dongi!” teriak para  pendemo, Kamis (03/03).

Terkait penambangan tanpa izin, kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu Sudayatna mengatakan,  pihaknya sudah melakukan tindakan dengan melakukan pendekatan persuasif. Kata dia, penambang sempat meninggalkan lokasi. “Tetapi gelombang kedua itu terjadi lagi dengan jumlah yang lebih besar, awalnya lebih 500 orang dan laporan berikutnya sudah mencapai hingga ribuan orang. Luas kawasan yang sudah dirambah mencapai 5 hektar,” keluhnya kepada wartawan.

Menurutnya jika dengan pendekatan persuasif penambangan ilegal tersebut tetap bergeming, langkah berikutnya adalah penegakan hukum. 

Editor: Dimas Rizky

  • penambangan ilegal
  • emas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!