Bagikan:

Pemprov Riau Minta Hujan Buatan di Atas Hutan Terbakar

ISPU Pekanbaru masih dinyatakan sehat.

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 10 Mar 2016 16:50 WIB

Author

Agus Luqman

Pemprov Riau Minta Hujan Buatan di Atas Hutan Terbakar

KBR, Jakarta - Meski hujan sudah mulai sering turun di wilayah Riau, namun tidak banyak membantu memadamkan titik api kebakaran hutan di wilayah itu.

Juru bicara Pemerintah Provinsi Riau Darusman mengatakan karena itu pemerintah daerah akan meminta Tim Modifikasi Cuaca dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT untuk menyemai hujan di atas wilayah hutan yang terbakar. 

"Hujan kurang membantu, karena terjadinya di tengah kota. Dan tidak di wilayah hutan yang terbakar. Rencana melakukan penyemaian titik hujan juga akan dilakukan. Dalam waktu dekat," kata Darusman kepada KBR, Kamis (10/3/2016).

Juru bicara Pemerintah Provinsi Riau Darusman mengatakan hujan buatan sangat memungkinkan karena saat ini masih ada bibit hujan di sekitar Riau. Potensi keberhasilan modifikasi cuaca untuk menggiring hujan ke wilayah hutan terbakar saat ini lebih besar daripada di musim kemarau.

Kebakaran hutan di Riau saat ini terjadi di wilayah seluas 20 hektar. Wilayah hutan terbakar berada di Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak dan Kota Dumai. Pantauan BMKG menyebutkan jumlah titik api kebakaran cenderung naik. 

Sejak Senin (7/3/2016) lalu Pemerintah Provinsi Riau memberlakukan status siaga darurat untuk tiga bulan ke depan. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih