BERITA

Mei, Tour de Banyuwangi Ijen Dimulai

"Mengusung konsep sport tourism. "

Hermawan Arifianto

Mei, Tour de Banyuwangi Ijen Dimulai

KBR, Banyuwangi - Ajang lomba balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ItdBI) akan mulai digelar pada 11-14 Mei 2016 mendatang. Lomba balap sepeda yang masuk agenda rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) ini akan menempuh jarak 567 kilometer mengelilingi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi Wawan Yadmadi mengatakan, ITdBI tahun ini akan ikut mendorong pariwisata di Banyuwangi. Ajang ini akan sekaligus mengenalkan dua destinasi wisata baru Banyuwangi yaitu Waduk Sidodadi di Glenmore dan Pantai Grand New Watudodol.

“Untuk tahun ini kita fokuskan ke pariwisata, kalau nyang kemarin masih belum. Start yang pertama ini waduk Sidodadi jadi tempat wisata baru, kemudian finish Taman Blambangan. Kemudian start ke dua Maron kemudian juga Taman Blambangan. Start ketiga ini Bansring, Gren Watudodol, kemudian Taman Blambangan. Start ke empat adalah Muncar dan finisnya adalah di Ijen,”kata Wawan Yadmadi (29/3/2016). 

ITdBI tahun ini terdiri atas empat etape dengan panjang rute 567 kilometer. Rute ini ditempuh dengan melintasi berbagai destinasi wisata, mulai wisata pantai, perkebunanhingga berakhir di kaki Gunung Ijen. Ini adalah gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru alias ”Blue Fire”-nya.

Lokasi finish di kaki Gunung Ijen merupakan tanjakan terekstrem karena berada di ketinggian 1.800 meter lebih di atas permukaan laut (mdpl). Kemiringannya adalah 45 derajat, di atas tanjakan Malaysia yang hanya 1.500 mdpl.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi Wawan Yadmadi menambahkan Sejumlah tim papan atas Asia dipastikan turut bertanding dalam tahun ini. Diantaranya, Pishgaman Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, Tabriz Shadari Team yang merupakan juara 1, 2, 3 Asia.

Pebalap daratan Eropa pun telah memastikan akan berlaga di ITdBI. Antara lain timnas San Marino dan Ireland National Team. 

ITdBI Digelar sejak 2012, ajang balap sepeda kategori 2.2 ini telah mendapatkan peringkat ”excellent" dari UCI. Ini menjadikan ITdBI sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia

Lomba yang diadakan pemkab Banyuwangi ini mengusung konsep sport tourism - membalut pariwisata dengan olahraga. Ini menjadi salah satu andalan Banyuwangi untuk mengungkit kunjungan wisata. 

  • Banyuwangi
  • Tour de Banyuwangi Ijen

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!