BERITA

Longsor Timpa Lima Rumah di Banyumas

Longsor Timpa Lima Rumah di Banyumas

KBR, Banyumas – Hujan deras yang terjadi pada Sabtu siang hingga malam menyebabkan longsor di Desa Cibangkong Kecamatan Pakuncen dan Cihonje Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Komandan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Banyumas, Heriana Ady Chandra mengatakan, sebanyak 5 rumah tertimpa tanah dalam longsor tersebut. Rinciannya di Cibangkong menimpa satu rumah dan empat rumah di Desa Cihonje.

"Di Desa Cibangkong Kecamatan Pekuncen menyebabkan satu rumah rusak. Adapun kerusakan adalah jebolnya  dinding samping kanan rumah yang mengakibatkan ruang tamu dan kamar tidak bisa ditempati. Untuk sementara tuan rumah jelas terpaksa mengungsi karena rumahnya tidak bisa ditempati. Sehingga tadi dari hasil muasyawarah dengan pemerintah desa dan Muspika pemilik rumah diungsikan demi keamanan," jelasnya.


Heriana Ady Chandra menambahkan kerusakan rumah bervariasi antara ringan dan sedang. Sementara jumlah kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta. Kata dia, masyarakat dibantu Tagana, TNI dan Polri hari ini membersihkan material yang menimpa rumah dan memperbaiki bagian rumah yang rusak.


Editor : Sasmito Madrim  

  • Tagana
  • Banyumas
  • tanah longsor
  • hujan deras

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!