BERITA

Lahan Bawang Merah Rembang Diserang Hama Engkuk

Lahan Bawang Merah Rembang Diserang Hama Engkuk

KBR, Rembang – Lahan pertanian bawang merah di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah diserang hama engkuk. Menurut Rustam, salah satu petani di Kecamatan Kaliori, serangan hama engkuk ini terjadi lantaran curah hujan minim.

"Kalau hujan tidak ada ya sia-sia, meski ditabur obat. Beda kalau ada hujan, obat bisa meresap ke bawah,“ jelasnya kepada KBR, Rabu, 16 Maret 2016.

Menurut Rustam, hama ini membuat batang bawang cepat kering dan terancam gagal panen. “Dampaknya daun patah dari bawah. Engkuk kalau daun sudah putus, baru makan buah," ungkapnya.

Akibatnya, harga bawang merah di Rembang melambung tinggi. Harga bawang yang semula Rp 30 ribu, kini sudah menembus Rp 44 ribu perkilogram. “Karena daerah daerah penghasil bawang merah ini kan kena banjir. Selain bencana, juga dipicu distribusi yang kurang merata juga, “ ungkap Kepala Bidang Perdagangan Pemkab Rembang, Sugiyanto. Dia mengaku sudah membahas kenaikan harga bawang merah sdengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten Rembang, menurut Sugiyanto, selama ini lebih banyak menggantungkan pasokan bawang merah dari luar daerah, termasuk Kabupaten Pati. Ini lantaran hasil produksi petani lokal belum mampu mencukupi permintaan pasar.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • hama
  • bawang merah
  • lahan pertanian

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!