BERITA

Dinas Pertanian Buka Puluhan Sekolah Lapang Khusus Buah

"Demi peningkatan kualitas buah lokal. "

Friska Kalia

Festival duren di Bondowoso (Foto: bangsaonline.com)
Festival duren di Bondowoso (Foto: bangsaonline.com)

KBR, Bondowoso – Dinas Pertanian Bondowoso, Jawa Timur, membuka sedikitnya 20 sekolah lapang khusus buah lokal. Menurut Kepala Dinas Pertanian, Hindarto, sekolah lapang ini dibuka demi meningkatkan kualitas buah lokal asal Bondowoso.

“Kita buka sekolah lapang Good Agricultural Practices(GAP) khusus buah lokal. Jadi ada GAP manggis, mangga, durian, pisang, alpukat dan buah lainnya,” kata Hindarto, Rabu (23/3/2016).

Menurut Hindarto, di sekolah lapang ini para petani buah akan diajarkan cara menanam buah yang baik dengan menggunakan bibit unggul serta penerapan teknologi pertanian yang terbaru. Diharapkan, dengan berbagai cara ini kualitas buah lokal Bondowoso mampu bersaing di pasar luas.

“Kita pilih bibit buah lokal unggul untuk dikembangakan. Jadi hasilnya juga sangat baik. Selain kualitasnya sekolah lapang ini mampu membuat produksi buah lokal naik secara signifikan,” jelasnya.

Kabupaten Bondowoso memiliki sejumlah buah lokal unggulan. Beberapa diantaranya adalah durian, alpukat, pisang, mangga dan manggis. Dinas Pertanian mencatat, produksi Durian Bondowoso bisa mencapai 100 ton per tahun. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • buah lokal
  • Bondowoso

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!