Banyuwangi, Destinasi Wisata Baru di Indonesia

Banyuwangi mulai berbenah - hadirkan festival dan perbaiki infrastruktur.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 02 Mar 2016 10:43 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Banyuwangi Ethno Carnival, salah satu festival andalan Banyuwangi untuk menarik wisatawan nusantara

Banyuwangi Ethno Carnival, salah satu festival andalan Banyuwangi untuk menarik wisatawan nusantara maupuan wisatawan manca negara yang digelar rutin setiap tahun. (Foto: Hermawan)

KBR, Banyuwangi - Kementerian Pariwisata menetapkan Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai destinasi wisata terbaru di Indonesia. Untuk itu, Kementerian memberikan dukungan branding dan promosi untuk Banyuwangi. 

Kabupaten ini bulan lalu mendapatkan Awards for Excellence and Innovation in Tourism di Madrid, Spanyol. Selain itu, Banyuwangi juga mendapatkan penghargaan dari United Nations World Tourism Organisation mengalahkan Kolumbia, Kenya dan Puerto Rico. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Kementerian Pariwisata mengucurkan dana Rp 10 miliar untuk mendukung promosi potensi pariwisata di sana. Selain itu, Banyuwangi juga membutuhkan dukungan infrastruktur. 

“Banyuwangi sekarang berbenah. Mulai muncul prakarsa- prakarsa swasta yang dari bawah tumbuh, yang ini bukan lagi pemda yang mendominasi. Contoh sekarang ada masyarakat yang di Green Watudodol hampir kaya Bansring Under Woter,” kata Abdullah Azwar Anas (2/3/2016). 

Anas menjelaskan, sejak lima tahun terakhir sudah ada bandara di Banyuwangi, yang memungkinkan adanya penerbangan rutin ke daerah tersebut. Selain itu, infrastruktur jalan darat akan diperbaiki sementara jalur laut akan dibangun, seperti lewat kapal cepat dari Bali. 

Pemkab juga rutin menggelar sejumlah festival untuk menarik minat wisatawan. Tahun lalu ada 32 festival yang digelar, sementara tahun ini direncanakan ada 40 festival.  

Selain Banyuwangi, daerah lain yang mendapatkan dukungan branding dari Kementerian Pariwisata adalah Jakarta, Bali, Kepulauan Riau, Wakatobi, Bunaken, Raja Ampat, Jogja, Solo, Semarang, Makassar, Medan, Bandung, serta Lombok. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal