BERITA

Nyepi, Jalan Tol di Bali Ditutup 31 Jam

"Dibuka lagi Minggu pagi. "

Yulius Martoni

Diretktur Utama Jasa Marga Bali Akhmad Tito Karim (foto: Yulius Martoni)
Diretktur Utama Jasa Marga Bali Akhmad Tito Karim (foto: Yulius Martoni)

KBR, Denpasar - Jalan Tol Bali Mandara  mulai tutup Jumat besok (20/3) mulai pukul 24.00 WITA guna memperingati Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1937 yang jatuh pada 21 Maret mendatang. Operasional jalan tol akan kembali dibuka pada hari hingga Minggu (22/3) pukul 07.00 Wita.

Menurut Direktur Utama PT. Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, penutupan jalan tol berdasarkan surat edaran Gubernur Bali dan surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perihal izin penutupan jalan tol dalam rangka hari raya Nyepi. 

“Kira-kira 31 jam mungkin satu-satunya tol di dunia yang pasti tutup setahun sekali tol di Bali ini. Kita setahun sekali tol ini kita tutup untuk menghormati  masyarakat yang beragaman Hindu untuk merayakan Hari Raya Nyepi,” ujar Akhmad Tito Karim di Denpasar, Kamis (19/3). 

Sementara, kata dia, pengamanan jalan tol tetap dilakukan melalui patroli dari Jasa Marga yang berkerja sama dengan DBanjar dan Pecalang di sekitar jalan to. Namun ia mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk tetap dilalui jika keadaan darurat dengan menghubungi petugas yang berpatroli. 

Kata dia pada tahun 2014 sebanyak 13.300  kendaraan per hari melalui ruas jalan tol Bali Mandara. Dengan penutupan jalan tol ini, ada potensi kehilangan Rp300 juta serta potensi penghematan listrik Rp15 jutaan  selama Nyepi. 

Editor: Anto Sidharta 

  • Nyepi
  • Bali

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!