Wereng Datang, Lahan Padi Terancam Gagal Panen

Ratusan hektare tanaman padi di 11 kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, terserang hama wereng. Akibatnya para petani setempat terancam gagal panen.

NUSANTARA

Senin, 10 Mar 2014 17:41 WIB

Author

Adhar Muttaqin

Wereng Datang, Lahan Padi Terancam Gagal Panen

Wereng coklat, Lahan Padi, trenggalek, panen padi

KBR68H, Trenggalek - Ratusan hektare tanaman padi di 11 kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, terserang hama wereng. Akibatnya para petani setempat terancam gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian  Kehutanan dan Perkebuhan (Disperhutbun)  Kabupaten Trenggalek Joko Surono, Senin (10/3) mengatakan, dari sebelas kecamatan tersebut wilayah paling parah berada di Kecamatan Gandusari dengan luas mencapai 115 hektare dan Kecamatan Pogalan sebanyak 45 hektare.

Untuk mengatasi serangan hama wereng coklat tersebut, dinas pertanian melakukan gerakan "Spot Stop" atau melakukan pembasmian pada kawasan yang terserang. 

"Di Trenggalek saat ini ada serangan wereng sejumlah 218 hektare, kemudian  ada 1.072 hektare (tanaman padi) yang ikut terancam. Terkait ini kami sudah mengendalikan sekitar 128 hektare,"  kata Joko Saat ditemui di kantornya.

Joko mengakui saat ini jumlah area tanaman padi yang terancam serangan wereng mencapai lebih dari 1000 hektare. Pihaknya berharap, masyarakat untuk segera melapor ke dinas pertanian apabila terjadi serangan wereng.

Lanjut dia, Dinas Pertanian Trenggalek meramalkan, pada bulan Juni mendatang bakal terjadi ledakan kasus hama wereng. Hal ini didasarkan pada kondisi cuaca serta pengamatan terhadap perkembangan hama di beberapa kecamatan. 

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat