Sungai Air Pisang Tercemar Limbah Sawit, Ikan-ikan Mati

KBR68H, Mukomuko - Puluhan ekor ikan mati di anak sungai Air Pisang Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

NUSANTARA

Rabu, 12 Mar 2014 14:12 WIB

Author

Evitarmizi

Sungai Air Pisang Tercemar Limbah Sawit, Ikan-ikan Mati

limbah, sawit, ikan, sungai

KBR68H, Mukomuko - Puluhan ekor ikan mati di anak sungai Air Pisang Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Ikan-ikan itu mati diduga karena anak sungai Air Pisang tercemar Limbah sawit pabrik CPO PT. Darya Dharma Pratama. Salah seorang warga Desa sibak Anton Caniago mengatakan, anak sungai Air Pisang sudah berubah menjadi hitam pekat, berbau menyengat, berminyak serta banyak ikan yang mabuk di permukaan air anak sungai tersebut.

"Banyak ikan mati, ikan menjadi mabuk ada juga yang bisa di ambil ikannya. Kalau soal limbah sering lepas ke sungai entah sengaja atau bocor kami tidak tahu air itu kami gunakan walaupun tidak untuk mandi paling tidak untuk manfaat lain. Tapi kalau limbah gimana lagi megangnya saja kami takut karena gatal," kata Anton Caniago.

Dia menambahkan, akibat tercemarnya anak sungai Air Pisang mereka tidak bisa lagi mengunakan air untuk kebutuhan sehari-hari. Menurutnya, limbah sawit pabrik CPO PT. Darya Dharma Pratama sering masuk ke anak sungai Air Pisang pada malam hari.

Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri

Wapres Bicara Vaksinasi untuk Lansia