NUSANTARA

Senin, BNPB Turunkan Hujan Buatan Siram Kebakaran Hutan Riau

Senin, BNPB Turunkan Hujan Buatan Siram Kebakaran Hutan Riau

KBR68H, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan memodifikasi cuaca untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Riau, Senin besok. 


Juru Bicara BNPB, Sutop Purwo Nugroho, mengatakan, saat ini bahan baku untuk memodifikasi cuaca, sedang berada di perjalanan menuju Riau. Kata dia, modifikasi cuaca akan ditunda lagi, jika jarak pandang pesawat penerbang garam tidak bisa dilakukan.


"Jadi semua perlu persiapaan, dan juga sangat tergantung pada kondisi awan, kalau katakan pesawat siap, bahan siap, personil sudah siap, tetapi kalau jarak padang kurang dari 1 km, maka pesawat tidak boleh terbang, tentu dalam hal ini juga, tidak bisa menyebabkan beroperasinya modifikasi cuaca," kata Sutopo kepada KBR68H, Minggu (2/3).


Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menemukan 1000 lebih (web:1.042) titik api di daerah Sumatera. Sedangkan di Riau, terdapat 962 titik api. Titik api terbanyak berada di wilayah Bengkalis, yakni 469. sampai saat ini ada 6 ribu hektar hutan dan lahan yang terbakar.


Editor: Pebriansyah Ariefana

  • kebakaran hutan riau

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!