NUSANTARA

Ratusan Surat Suara Di Jawa Tengah Rusak

Ratusan Surat Suara Di Jawa Tengah Rusak

KBR68H, Surakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surakarta, Jawa Tengah menemukan ratusan lembar surat suara yang rusak dan tidak bisa digunakan saat pemungutan suara Pemilu 2014.

Juru bicara KPU Kota Surakarta, Suryo Baruno menyatakan masih kebingungan untuk proses pengembalian dan penggantian surat suara yang rusak tersebut. Menurut Suryo, Lembaran surat suara yang rusak tersebut setiap hari selalu ditemukan.

“ Kita temukan ada yang berlubang, tercoblos atau ketika lembaran dibuka ternyata sudah sobek, terkena tinta, gambar atau tulisan tidak jelas, buram, itu juga kita masukkan surat suara rusak, semua kita sortir,” kata Suryo Baruno.

KPU kota Surakarta menemukan hampir 500 lembar surat suara rusak perharinya. Selain itu, KPU juga menemukan jumlah lembar surat suara yang dikemas dalam kardus yang harusnya berisi 1000 lembar, selalu berkurang 3 hingga 5 lembar.

“ Baru kita kumpulkan, kita minta ganti, bukan minta tambah. Kami masih kebingungan karena belum menerima petunjuk secara jelas bagaimana penggantian surat suara rusak ini. Tapi yang jelas ini kita kumpulkan dulu, kita laporkan data surat suara rusak ini setiap harinya dan kita laporkan ke KPU Propinsi Jawa tengah”

DPT kota Surakarta mencapai 417 ribu pemilih. Ada sekitar 300 orang yang bekerja untuk menyortir dan melipat lembaran surat suara tersebut.



Editor: Luviana

  • surat
  • suara
  • rusak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!