Pemkot Balikpapan Pesimistis Jembatan Trans Kalimantan II Bisa Dibangun

Rencana pembangunan jembatan Trans Kalimantan II yang menghubungkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, melalui Balikpapan dan Penajam Paser Utara kemungkinan akan sulit terwujud.

NUSANTARA

Kamis, 13 Mar 2014 14:35 WIB

Author

Teddy Rumengan

Pemkot Balikpapan Pesimistis Jembatan Trans Kalimantan II Bisa Dibangun

Pemkot Balikpapan, Trans Kalimantan II

KBR68H, Balikpapan -  Rencana pembangunan jembatan Trans Kalimantan II yang menghubungkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, melalui Balikpapan dan Penajam Paser Utara kemungkinan akan sulit terwujud.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, persoalan dana menjadi penyebabnya. Sebab, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan itu mencapai Rp 6 triliun. Sementara bantuan APBN sangat mustahil.

Kata dia, sulit bagi Pemerintah Kota Balikpapan harus menggelontorkan Rp 500 miliar, karena APBD Balikpapan terbatas. Selain itu masih banyak  proyek-proyek besar di Balikpapan yang juga membutuhkan dana besar.

"Tapi kan menyangkut pendanaan kita tentu harus membahas dulu dan menganalisa kemampuan (keuangan) kita. Harus kita bahas dulu, kita kan terbatas dana APBD kita, memang PPU (Penajam Paser Utara) berinisiatif itu inginnya pinjaman dari Bank Kaltim. Tapi kiita bahaslah dulu itu, itu mungkin yang paling krusialnya di pembiayaan," kata Rizal Effendi Kamis, (13/3).

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan, rencana pembangunan jembatan sepanjang hampir 6 kilometer itu sebenarnya sudah dibahas bersama Menteri BUMN belum lama itu. Dalam pembahasan itu kemudian akan dibentuk konsorsium, yakni Balikpapan, PPU, Provinsi Kaltim dan PT Waskita.

Hasilnya masing-masing menggelotorkan dana; Pemkot Balikpapan Rp 500 miliar,Provinsi Kaltim Rp 500 miliar, PPU Rp 1 triliun dan  PT. Waskita Karya Rp 1 triliun.

Lokasi pembangunan jembatan Trans Kalimantan II itu berbeda dengan lokasi jembatan Trans Kalimantan I (Pulau Balang) yang kini sedang dalam pengerjaan. Jembatan Trans Kalimantan II akan dibangun tepat di wilayah jantung Kota Balikpapan dan PPU.

Pembangunan jembatan Trans Kalimantan II merupakan ambisi dari Pemerintah Kabupaten PPU sejak lima tahun silam. Karena menganggap jembatan Trans Kalimantan I yang kini sedang dibangun, lokasinya cukup jauh dari pusat Kabupaten PPU dan Kota Balikpapan.

Jembatan Trans Kalimantan I dibangun dengan dana dari APBN maupun APBD Kaltim sebesar Rp 2 triliun. Jembatan itu rencananya akan rampung pada 2016 mendatang, panjangnya sekitar 1,2 kilometer.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun