NUSANTARA

Pemkot Balikpapan: Sejumlah Daerah di Kaltim Layak Jadi Lokasi Ibukota Baru

Pemkot Balikpapan: Sejumlah Daerah di Kaltim Layak Jadi Lokasi Ibukota Baru

KBR68H, Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan mengklaim tiga daerah di Kalimantan Timur layak menjadi lokasi baru Ibukota negara. Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, tiga daerah itu yakni; Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Pantai. Kota Balikpapan, kata Rizal, memiliki letak dan akses strategis untuk dipertimbangkan pemerintah pusat untuk memindahkan ibukota negara keluar pulau Jawa.

"Balikpapan sendiri kan tidak cukup, tapi kalau Balikpapan itu menyatu dengan PPU dan Kutai Pantai sangat memungkinkan itu bagian yang dipertambangkan pemerintah pusat (jadi ibukota negara). Karena kan pemerintah pusat meliriknya Kalimantan," kata Rizal Effendi.

Dia menambahkan, dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada, sejumlah wilayah di Kalimantan Timur layak dipertimbangkan untuk menjadi Ibukota. "Dulu sewaktu zaman Soekarno daerah Kalimantan Tengah itu baik juga. Tapi Kalimantan Timur memungkinkan juga dengan kondisi akses Balikpapan yang bagus, wilayah yang bisa dipertimbangkan jadi untuk menjadi ibukota (negara)," tukasnya.

Kutai Pantai merupakan bagian dari Kutai Kertanegara yang bersebelahan dengan Balikpapan. Begitu pula Penajam Paser Utara. Keduanya merupakan bagian dari Balikpapan pada tahun 1980-an hingga awal 1990 lantaran sama sama berada di daerah pesisir. (Baca: Perlu Biaya Besar untuk Memindahkan Ibu Kota)

Editor: Irvan Imamsyah

  • ibukota
  • balikpapan
  • kalimantan
  • negara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!