Pembangunan Bandung International Convention Center Melanggar Amdal

KBR68H, Bandung

NUSANTARA

Kamis, 27 Mar 2014 16:21 WIB

Author

Arie Nugraha

Pembangunan Bandung International Convention Center Melanggar Amdal

Bandung, convention, amdal

KBR68H, Bandung – Para aktivis Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat Kamis (27/3) melakukan aksi menolak pembangunan Bandung International Convention Center (BICC). Pembangunan BLCC di wilayah kolam resapan Jl. Dipenogoro dianggap melanggar analisa masalah dampak lingkungan (Amdal).

Pembangunan yang melibatkan PT Agung Podomoro Land dan PT Tritunggal Lestari Makmur telah menutup kolam resapan air dan menghilangkan mata air yang ada.

Direktur Walhi Jawa Barat Dadan Ramdan dalam aksinya mendesak Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menghentikan proyek ilegal karena melanggar rencana tata ruang dan tata wilayah karena BlCC dibangun bukan di wilayah peruntukan komersil.

"Ini kawasan perkantoran. Jadi di dalam perda RT/RW Jawa Barat, kawasan ini sebenarnya kawasan pemerintahan. Saya melihat tidak ada yang menyatakan disitu peruntukannya untuk komersil. Jadi bener-benar ini harus menjadi pusat pemerintahan atau untuk cagar budaya,"ujar Dadan Ramdan dalam orasinya.

Selain tidak dilengkapi dengan dokumen Amdal, pembangunan  BICC juga tidak dilengkapi dengan izin lingkungan sebagai syarat keluarnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Selanjutnya Walhi Jawa Barat juga menduga adanya praktik gratifikasi pada proyek pembangunan dengan melibatkan PT Agung Podomoro Land, Gubernur Jawa Barat, DPRD Jawa Barat serta pejabat terkait lainnya.

Pada aksi unjuk rasa itu, Walhi dan sejumlah kelompok pendukung lingkungan melakukan penyegelan pintu masuk proyek BICC.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak