Pascaletusan Sinabung, 15 Ribu Jiwa Masih Mengungsi

Sebanyak 15 ribu pengungsi letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara masih bertahan di pengungsian.

NUSANTARA

Senin, 03 Mar 2014 20:07 WIB

Author

Rio Tuasikal

Pascaletusan Sinabung, 15 Ribu Jiwa Masih Mengungsi

Pascaletusan Sinabung, 15 Jiwa, Mengungsi

KBR68H, Jakarta - Sebanyak 15 ribu pengungsi letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara masih bertahan di pengungsian.

Deputi Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Tri Budiarto mengatakan, para pengungsi berasal dari desa di radius lima kilometer dari kawah Gunung Sinabung.

Kata dia, kebutuhan logistik para pengungsi hingga saat ini tercukupi. Sementara warga yang tinggal di luar radius tujuh kilometer sudah kembali sejak minggu lalu.

"17.500 (pengungsi) sudah balik, tinggal sekitar 15.000 yang tersebar di 38 titik pengungsian. Bantuan dari masyarakat banyak. Dari donatur banyak sekali, setiap hari donatur datang. Partisipasi rakyatnya luar biasa," kata Tri saat berbincang dengan KBR68H, Senin (3/3) sore.

Deputi Penanganan Darurat BNPB, Tri Budiarto mengatakan, setiap pengungsi akan diberi bantuan beras dan uang selama 30 hari. Pengungsi anak juga akan diberi beasiswa pendidikan. Selain itu, BNPB bersama Kementerian Pertanian juga sudah menyalurkan bantuan benih sayuran sejak Jumat pekan lalu. Benih yang disalurkan di antaranya tomat, cabai keriting, cabai rawit, dan jagung manis. Sementara bantuan lain seperti modal, pupuk dan obat belum dapat dipastikan.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Belgia Kewalahan Hadapi Gelombang Pandemi

Penerimaan Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 Masih Rendah

Ronde 6 - Petani Tembakau

Kabar Baru Jam 8