NUSANTARA

Jokowi Tak Masalah Penyerapan Anggaran DKI Minim, Asal...

"KBR68H Jakarta - Gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengkritik kebiasaan penggunaan anggaran yang kerap tidak sebanding dengan hasilnya. Padahal, kata Jokowi, anggaran yang diperuntukkan bagi satu dinas saja bisa mencapai Rp 13 triliun selama satu tahu"

Jokowi Tak Masalah Penyerapan Anggaran DKI Minim, Asal...
jokowi, jakarta, korupsi

KBR68H Jakarta - Gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengkritik kebiasaan penggunaan anggaran yang kerap tidak sebanding dengan hasilnya. Padahal, kata Jokowi, anggaran yang diperuntukkan bagi satu dinas saja bisa mencapai Rp 13 triliun selama satu tahun.

Namun, menurutnya, banyak kegiatan yang diajukan oleh dinas tetapi minim manfaat bagi kepentingan masyarakat. Jokowi memperingatkan bawahannya agar berhati-hati dalam mengelola anggaran.

"Anggaran besar sekali setiap tahun besar sekali di situ. Anggaran kita ini di setiap dinas, itu gedhenya setengah mati. Saya hanya ingin memberikan contoh. Lima tahun, saya menjadi walikota, itu hanya mengelola uang 3,5 tahun, bukan 1 tahun. Di sini, 1 dinas, satu tahun, mengelola uang Rp 13 triliun. Tapi kalau penggunaannya awur-awuran, hati-hati," kata Joko Widodo di Balaikota Jakarta, Kamis (13/3).

Jokowi menambahkan penyerapan anggaran semestinya berjalan optimal. Tahun lalu, menurutnya, penyerapan anggaran DKI hanya mencapai sekitar 85 persen.

Namun, Jokowi menegaskan dirinya lebih memilih membiarkan penyerapan sedikit, daripada penyerapan maksimal tetapi digunakan untuk program yang tidak jelas. Tahun ini Jokowi berupaya mempercepat pelaksanaan berbagai program agar anggaran terserap sesuai target yang ditetapkan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • jakarta
  • korupsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!