Hampir Separuh Pemilih di Padang Golput di Pilkada Putaran II

Komisioner KPU Padang, M Syahbana Syam mengatakan, angka partisipasi pemilih pada putaran pertama Pilkada Kota Padang sebesar 57,7 persen. Sementara, pada tahap kedua turun menjadi 53,6 persen dari 560.285 daftar pemilih. Angka golput, kata dia, semakin

NUSANTARA

Rabu, 12 Mar 2014 20:05 WIB

Author

Zulia Yandani

Hampir Separuh Pemilih di Padang Golput di Pilkada Putaran II

Separuh Pemilih, Padang, Golput, Pilkada Putaran II

KBR68H, Padang - Komisioner KPU Padang,  M Syahbana Syam mengatakan, angka partisipasi pemilih pada putaran pertama Pilkada Kota Padang sebesar 57,7 persen. Sementara, pada tahap kedua turun menjadi 53,6 persen dari 560.285 daftar pemilih. Angka golput, kata dia, semakin meningkat di putaran kedua dengan total 46,4 persen.

KPU bahkan menganggap warga kota lebih memilih berlibur, dari pada mencoblos ke TPS memilih wali kota mendatang.

"Ada penurunan angka partisipasi pemilih, ada banyak faktor penurunan karena lebih memilih liburan. Angka golput mengalami kenaikan di putaran kedua, mungkin ada tingkat kejenuhan masyarakat di Pilkada Padang putaran kedua,” jelas M Syahbana Syam.

Sementara itu, dari data KPU, surat suara yang rusak dicoblos mencapai 4.197 lembar dan angka golput 260.054 suara.

Dari 11 kecamatan di Padang, Kecamatan Padang Timur menjadi kecamatan yang warganya terbanyak tidak datang memilih yakni mencapai 28.326 pemilih dari 57 ribu daftar pemilih tetap. Kecamatan ini berada tepat di tengah kota pemerintahan.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Cegah Penyebaran Covid-19, WHO Dukung Kebijakan Penggunaan Masker untuk Semua Orang

Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Wabah Corona

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18