Enam Ribu Lansia Terlantar di Kalimantan Barat

KBR68H, Pontianak - Sekitar 6 ribuan orang lanjut usia (lansia) di Kalimantan Barat terlantar dan tidak mendapatkan penghidupan layak.

NUSANTARA

Minggu, 16 Mar 2014 10:20 WIB

Author

Jayanti Mandasari

Enam Ribu Lansia Terlantar di Kalimantan Barat

Lansia, Dinas Sosial, Kalimantan Barat, Terlantar

KBR68H, Pontianak - Sekitar 6 ribuan orang lanjut usia (lansia) di Kalimantan Barat terlantar dan tidak mendapatkan penghidupan layak. Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat M. Junaidi mengatakan, lansia yang terlantar sebesar 2,5 persen dari jumlah lansia di provinsi itu. Sementara itu, baru sekitar 850 lansia yang mendapatkan program bantuan Rp 200.000 perbulan.

“Jumlah lansia kami itu sebanyak 258 ribu sekian. Hasil pendataan yang kami rekap dari kabupaten/kota sekitar 2,5 persen itu memang terlantar. Jadi, kurang lebih 6 ribu orang. Sementara yang baru bisa kita sentuh dengan bantuan yang Rp 200.000 perorang itu baru 850 orang. Jadi, memang masih sangat jauh antara kebutuhan dengan realisasi," jelas M. Junaidi.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat M. Junaidi menambahkan, pemerataan bantuan bagi lansia yang terlantar semakin sulit karena penurunan alokasi dinas sosial di APBD Kalimantan Barat tahun ini. Dinas Sosial hanya mendapatkan alokasi sekitar Rp 17 miliar dari sebelumnya Rp 22 miliar.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ngobrol Serius, Tapi Santai: Tips Hadapi Hoax dan Hate Speech

Podcast Kita: Kekerasan terhadap Perempuan

Smara on 7 Podcast

Podokasi: Podcast Edukasi

Kabar Baru Jam 18