NUSANTARA

Enam puluhan TKI Asal Bondowoso Dideportasi Malaysia

"KBR68H, Bondowoso "

(Friska Kalia)

Enam puluhan TKI Asal Bondowoso Dideportasi Malaysia
deportasi, tki dideportasi, tki malaysia, malaysia deportasi, pemulangan tki

KBR68H, Bondowoso – Hingga Maret 2014 sebanyak 60 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur,dipulangkan oleh pemerintah Malaysia.

Kepala Bidang Pelatihan, Penempatan dan Penyaluran Tenaga Kerja pada Dinas tenaga Kerja Bondowoso Asep T Herijadi mengatakan, mayoritas TKI yang di deportasi tidak memiliki dokumen resmi sebagai pekerja. Akibatnya mereka tertangkap aparat Malaysia dan dipulangkan ke Indonesia.

“ Sampai dengan bulan Maret, yang di deprtasi sudah mencapai 60 orang. Rata – rata mereka yang ditangkap, tidak bisa menunjukkan visa kerja,” kata Asep kepada KBR68H, Jum’at (07/03/2014).

Asep tak membantah kebanyakan TKI asal daerahnya berangkat secara illegal. Untuk itu, kata Asep, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada masyarakat serta memantau Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang memberangkatkan TKI asal Bondowoso ke luar negeri.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja Bondowoso, mayoritas TKI di Malaysia bekerja di sektor informal. Sampai saat ini tercatat sebanyak 163 TKI asal Bondowoso bekerja di luar negeri.

Editor : Rony Rahmatha

  • deportasi
  • tki dideportasi
  • tki malaysia
  • malaysia deportasi
  • pemulangan tki

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!