covid-19

Bus Transjakarta Resmi Dikelola BUMD

KBR68H Jakarta - Gubernur DKI Joko Widodo berharap layanan PT Transjakarta menjadi lebih baik setelah diresmikan menjadi Badan Usaha Milik Daerah, BUMD.

NUSANTARA

Kamis, 27 Mar 2014 23:26 WIB

Author

Ninik

Bus Transjakarta Resmi Dikelola BUMD

Transjakarta, Resmi Dikelola, BUMD

KBR68H Jakarta - Gubernur DKI Joko Widodo berharap layanan PT Transjakarta menjadi lebih baik setelah diresmikan menjadi Badan Usaha Milik Daerah, BUMD. Sebab ia menilai, pengelola sebelumnya yakni Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta yang berada di bawah Dinas Perhubungan, belum bekerja maksimal. (Baca: Maret 2014, Transjakarta Baru Bisa Beroperasi 24 Jam)

"Artinya biar punya fleksibilitas yang tinggi, karena itu PT kan, punya fleksibilitas yang tinggi, ada perbaikan-perbaikan pelayanan juga bisa lebih cepat, ada penggantian-penggantian personil juga lebih cepat, karena ini PT, bukan kayak yang kemarin, tadi saya sudah berikan arahan, apa yang harus dikerjakan," kata Joko Widodo di Balai Kota, (27/3).

Transjakarta telah berubah status menjadi badan usaha milik daerah (BUMD). Sebelumnya, pengelola layanan bus ini berbentuk unit pelayanan (UP). Layanan bus transjakarta pertama kali diluncurkan pada 2004, di era Gubernur Sutiyoso. Layanan ini merupakan layanan bus rapid transit (BRT) pertama di Indonesia. Keberadaan transjakarta kemudian menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk menerapkan hal yang sama.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7