Aktivitas Gunung Slamet Menurun

KBR68H, Jakarta

NUSANTARA

Minggu, 23 Mar 2014 14:55 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Aktivitas Gunung Slamet Menurun

Gunung Slamet, Erupsi, Jawa Tengah

KBR68H, Jakarta – Aktivitas Gunung Slamet di Purbalingga, Jawa Tengah hari ini terpantau tenang tanpa peningkatan aktivitas vulkanik seperti yang biasa terjadi. Staf Ahli Menteri Energi Sumber Daya Mineral Surono mengatakan, hujan abu yang terjadi kemarin lebih disebabkan faktor angin yang mengarah ke timur. Meski begitu, ia mengimbau, masyarakat tetap tak memasuki radius tiga kilometer dari puncak gunung.

“Karena anginnya kencang saja, kalau tidak kencang ya biasa-biasa saja. Jadi tidak ada peningkatan. Kalau tidak masuk dua kilometer aman-aman saja, “ jelas Staf Ahli Menteri Energi Sumber Daya Mineral Surono.

Status Gunung Slamet hingga saat ini masih waspada. Peningkatan status gunung tertinggi di Jawa Tengah dari normal menjadi waspada itu sudah lebih dari dua pekan.

Sebelumnya, Gunung Slamet di Purbalingga, Jawa Tengah menyemburkan lava pijar pekan lalu. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Muhammad Hendrasto mengatakan, jumlah semburan berkisar dua hingga lima kali dalam sehari. Namun kata dia, PVMBG belum menaikan status gunung tertinggi di Jawa Tengah itu. Saat ini, Gunung Slamet masih berstatus waspada (Baca: Lava Pijar Keluar, Status Gunung Slamet Tetap Waspada).



Editor: Rumondang Nainggolan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik