Bagikan:

Terkena Gas Beracun, Puluhan Hektar Tanaman Bunga Dieng Mati

Puluhan hektar tanaman bunga bunga Jambu Dieng atau Oleoresin mati terkena gas beracun Kawah Timbang. Kepala Desa Sumberejo, Ibrahim mengatakan akibatnya petani bunga di Desa Sumberejo Kecamatan Batur Banjarnegara merugi jutaan rupiah. Bunga-bunga mereka

NUSANTARA

Selasa, 26 Mar 2013 20:52 WIB

Author

Steve Saputra

Terkena Gas Beracun, Puluhan Hektar Tanaman Bunga Dieng Mati

gas beracun, kawah timbang, dieng

KBR68H, Banjarnegara - Puluhan hektar tanaman bunga bunga Jambu Dieng atau Oleoresin mati terkena gas beracun Kawah Timbang. Kepala Desa Sumberejo, Ibrahim mengatakan akibatnya petani bunga di Desa Sumberejo Kecamatan Batur Banjarnegara merugi jutaan rupiah. Bunga-bunga mereka gagal panen. Kebun bunga Oleoresin itu berjarak hanya 500 meterdari mulut Kawah Timbang layu.

“Itu bukan bunga potong, tapi bunga untuk pepsodent, untuk kosmetik. Bunga yang bahan baku kosmetik. Kalau di Sumberejo kan luas lahannya 360 hektar dan yang menanam bunga di radius 500 meter ini sekitar 50 hektar,” kata Ibrahim, Selasa (26/03).

Kepala Desa Sumberejo, Ibrahim menambahkan petani bunga Oleoresin di Dataran Tinggi Dieng harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pembelian bibit. Sebab mereka harus menanam ulang pohon dan menunggu lebih lama agar bunga kembali mekar.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7