NUSANTARA

Tak Melaut, Nelayan Jabar Rugi Ratusan Ribu Rupiah

"Para nelayan di kawasan laut selatan Jawa Barat rugi hingga Rp 800 ribu lebih karena sudah empat hari tidak berlayar. Gelombang yang tinggi di perairan tersebut mengakibatkan mereka tidak berani berlayar ke laut lepas."

Tak Melaut, Nelayan Jabar Rugi Ratusan Ribu Rupiah
cuaca buruk, jawa barat

KBR68H, Jakarta - Para nelayan di kawasan laut selatan Jawa Barat rugi hingga Rp 800 ribu lebih karena sudah empat hari tidak berlayar. Gelombang yang tinggi di perairan tersebut mengakibatkan mereka tidak berani berlayar ke laut lepas.

Seorang nelayan tradisional di perairan Ciamis, Djuhana mengatakan dirinya terpaksa kehilangan penghasilan bersih sekitar 200 ribu per hari karena tidak melaut.

"Nelayan penghasilannya tidak bisa di prediksi, kalau normal artinya cuaca bagus, airnya juga bagus itu bisa 700 sampai 800 ribu satu hari, belum (termasuk biaya) alat bakar dan ABK (Anak buah kapal) Bersihnya kalau diatas 500, sekitar 200 ribuan," kata Djuhana ketika dihubungi KBR68H.

Nelayan di perairan Ciamis Djuhana juga menambahkan hingga hari ini para nelayan di kawasannya belum menerima informasi resmi lebih lanjut dari BMKG terkait kapan berakhirnya gelombang tinggi di wilayah perairan selatan pulau Jawa tersebut. Meskipun begitu beberapa nelayan ada yang nekat berlayar dengan jarak maksimal 2 mil dari pinggir pantai. Mereka mengatakan jarak tersebut masih relatif aman untuk melaut.

  • cuaca buruk
  • jawa barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!