NUSANTARA

Sepekan ini, Harga Bawang di Surakarta Melonjak

"Harga komoditas bawang merah, bawang putih serta cabai di Surakarta naik hingga dua kali lipat."

Yudha Satriawan

Sepekan ini, Harga Bawang di Surakarta Melonjak
bawang putih

KBR68H, Surakarta - Harga komoditas bawang merah, bawang putih serta cabai di Surakarta naik hingga dua kali lipat. Pedagang menduga pasokan tersendat akibat cuaca buruk.  Pedagang Pasar Tradisional, Pasar Gedhe Harjonagoro kota Surakarta, Sarmini, mengatakan kenaikan harga sayuran di pasar ini terjadi sejak sepekan. Menurut Sarmini, harga bawang putih, bawang merah, dan cabe melonjak tak terkendali.

“Harga bawang putih sekarang 40 ribu per kilogram kalau eceran. Dari pemasok 37-38 ribu. Padahal harga normalnya 16-20 ribu rupiah per kilo. Kalau bawang merah sekarang harga 30 ribu per kilo, kemarin 25 ribu. Cabe rawit 35 ribu per kilo, kalau eceran dijual 30 ribu rupiah. Harga normalnya 15-20 ribu rupiah. Ya harga meroket, faktor cuaca, musim hujan, pasokan barangnya berkurang, banyak yang busuk. Sudah satu minggu ini harganya naik terus, dari 16 ribu jadi 20 terus naik sampai sekarang jadi 40 ribu per kilo,”jelasnya.

Sarmini mengungkapkan pasokan bawang putih, bawang merah, dan cabai sepekan ini tersendat karena faktor cuaca, hujan deras. Setiap pasokan bawang putih sekitar 20 kilogram.

  • bawang putih

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!