Pemprov Jakarta Sediakan Perabotan Rusunawa

Pemerintah Provinsi Jakarta akan menyediakan perabotan untuk rumah susun yang disediakan bagi para pekerja.

NUSANTARA

Jumat, 15 Mar 2013 23:01 WIB

Author

Guruh Riyanto

Pemprov Jakarta Sediakan Perabotan Rusunawa

rusunawa

KBR68H, Jakarta – Pemerintah Provinsi Jakarta akan menyediakan perabotan untuk rumah susun yang disediakan bagi para pekerja. Gubernur Jakarta Joko Widodo mengatakan hal ini terkait program Kementerian Perumahan Rakyat untuk pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) bagi para pekerja di sejumlah kawasan industri di Jawa.  Jokowi bahkan berjanji akan mempermudah proses hibah dan perizinan.

“Kami juga siap memberikan perabot di rusun-rusun yang akan dibangun. Proses hibah, pemerintah DKI yang sekarang tidak akan mempermasalahkan itu. Begitu jadi, langsung dipakai meskipun prosesnya belum ada. Kalau menunggu proses, ada beberapa ratus yang kosong,” katanya.

Sementara,itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menyiapkan lahan di delapan lokasi untuk pembangunan rusunawa untuk para pekerja. Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Jawa Barat Eddy Nasution mengatakan, lahan yang disediakan berasal dari hibah dan pembelian pemerintah. Namun, ia belum dapat memastikan kesanggupan Pemprov untuk mengisi perabot di rusunawa tersebut. Ini karena Pemprov belum menganggarkannya di APBD tahun ini.

“Dari Jababeka empat, Bogor dua dan Kota Bekasi dua. Anggaran? Belum kita alokasikan. Masih menunggu kebutuhan,“ ujarnya.

Eddy menambahkan saat ini banyak sentra industri nasional di Provinsi Jawa Barat. Sementara di pulau Jawa terdapat 10 kawasan industri dengan pekerja sebanyak enam juta orang.

Sebelumnya, Kemenpera dan gubernur se-Jawa sepakat bekerjasama untuk membangun rumah susun sewa bagi pekerja di kawasan industri. Dalam kerjasama itu, pemerintah daerah diminta menyediakan lahan dan perabotan, sementara Kemenpera kebagian jatah untuk membangun rumah susun dan infrastruktur pendukungnya. Kemenpera menargetkan perumahan itu cukup untuk menampung 40 ribu pekerja.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Dampak Tambang terhadap Lingkungan di Sulawesi Tenggara dan Tengah

NFT, New Kid on the Block (chain)

Kabar Baru Jam 8

Seruan Penolakan Bibit-Bibit Kekuasaan Mutlak