NUSANTARA

Pemkot Pariaman Bangun Saluran Irigasi

"Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, melaksanakan kegiatan Padat Karya Infrastruktur, berupa pembuatan saluran irigasi sepanjang 122 Meter di Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah."

Pemkot Pariaman Bangun Saluran Irigasi
irigasi, padat karya, pariaman, sumatera barat

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, melaksanakan kegiatan Padat Karya Infrastruktur, berupa pembuatan saluran irigasi sepanjang 122 Meter di Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah.

Kegiatan ini direncanakan selama satu bulan berlangsung dari tanggal 6 Maret s/d 6 April 2013, melibatkan warga setempat yang menganggur ataupun setengah menganggur.

"Kegiatan ini usulan dari masyarakat, dikerjakan dan diawasi oleh masyarakat serta digunakan oleh masyarakat. Mutunya harus terjamin, jangan asal-asalan, sebab yang menggunakan irigasi ini masyarakat sendiri," kata Walikota Pariaman Mukhlis. R.

Menurutnya, kegiatan yang melibatkan 88 orang tenaga kerja ini, bisa mengatasi masalah pengangguran untuk sementara. Setidaknya selama satu bulan, masyarakat yang terlibat dalam pembangunan ini akan diberi uang harian.

Selain itu, pembangunan irigasi ini tentunya bisa mengatasi persoalan yang dihadapi pertani. Irigasi ini nantinya akan mempelancar aliran air ke sawah petani yang ada di Desa Pauh Timur.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman Afnil mengatakan, tahun ini ada dua paket kegiatan Padat Karya Infrastruktur yang akan dilaksanakan, anggarannya lebih kurang Rp 556 juta.

Dikatakannya, Pemkot Pariaman akan memfasilitasi padat karya infrastruktur pembangunan irigasi ini, berupa bahan bangunan, peralatan kerja dan uang peransang kerja.

Tokoh masyarakat Desa Pauh Timur Herman menyambut baik kegiatan di Desa Pauh Timur. Katanya, masyarakat sudah lama mendambakan pembangunan irigasi di sana.

Sumber: radio Dhara Pariaman

  • irigasi
  • padat karya
  • pariaman
  • sumatera barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!