NUSANTARA

Pemkab Jayapura Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

"KBR68H, Sentani "

I Putu Gede

Pemkab Jayapura Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana
tanggap darurat, bencana, jayapura

KBR68H, Sentani – Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, menetapkan status tanggap darurat bencana selama sepekan. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan penetapan tersebut dilakukan lantaran daerahnya dilanda sejumlah bencana alam. Status tersebut diambil berdasarkan hasil rapat dengan Muswarah Pemimpin Daerah (Muspida) setempat.

"Dinaikkan status menjadi tanggap darurat dan itu sudah hasil rapat dari sejumlah bencana karena sampai ada korban. Oleh karena itu kemarin kita sudah nyatakan dengan melihat di danau itu hampir seluruh rumah itu sudah tergenang air, karena itu kita nyatakan kemarin bahwa Kabupaten Jayapura status tanggap darurat. ”

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengklaim telah menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban bencana. Sebelumnya sebanyak 4 jembatan di Kabupaten Jayapura putus akibat hujan deras yang terjadi pada Sabtu lalu.

Jembatan tersebut berada di wilayah Komba, Unurumguay, Doyo, dan Bambar. Akibatnya akses menuju ke wilayah tersebut lumpuh total. Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura mencatat sebanyak 34 rumah di daerah Yoboi terendam banjir setinggi satu meter. Sementara di Daerah Sosial, empat rumah tertimbun longsor yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

  • tanggap darurat
  • bencana
  • jayapura

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!