Bagikan:

Pembab Mentawai Didesak Segera Dirikan Samsat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, desak pemkab segera mendirikan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) untuk melayani dan memberikan kemudahan bagi para wajib pajak di daerah itu.

NUSANTARA

Selasa, 26 Mar 2013 16:53 WIB

Pembab Mentawai Didesak Segera Dirikan Samsat

samsat, mentawai, pemkab, dprd

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, desak pemkab segera mendirikan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) untuk melayani dan memberikan kemudahan bagi para wajib pajak di daerah itu.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai Nikanor Saguruk mengatakan, pernah mendengar rencana untuk mendirikan Samsat, namun sampai saat ini masih sebatas wacana, padahal keberadaan samsat itu sangatlah diperlukan apalagi pertumbuhan kendaraan bermotor yang saat ini  terus bertambah.

"Kami di DPRD sudah lama mendengar rencana ini,  dan kami akan mendukung bahkan mendorong Pemkab untuk segera mempersiapkan tim untuk mempercepat pendirian Samsat di Mentawai, karena saat ini dari pemantauan kami, kendaraan bermotor yang ada disini sudah mencapai angka 5.000 unit," ujar dia.

Nikanor menambahkan, Kabupaten Mentawai sudah lama terpisah dari Kabupaten Padang Pariaman yang dulunya sebagai kabupaten induk Mentawai sebelum adanya pemekaran,  namun untuk urusan pembayaran pajak masyarakat masih harus ke Pariaman.

Menurut dia, belum adanya Samsat di Mentawai dinilai kurang efektif karena wajib pajak harus menempuh birokrasi panjang memakan waktu lama untuk membayarkan kewajibannya.

Nikanor mengharapkan, secepatnya pemkab Mentawai  harus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kepolisian, sehingga persiapan pendirian Samsat di Mentawai dapat terwujud secepatnya, pasalnya dengan  keberadaan Samsat di Mentawai,  selain akan dapat mempermudah birokrasi bagi masyarakat juga akan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan daerah karena dari dana pajak yang dibayarkan masyarakat ada bagi hasilnya dengan daerah.

Selain itu, keberadaan Samsat di Mentawai juga akan mendorong tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya birokrasi, sehingga penataan daerah akan terwujud dengan baik.

Sumber: radio Sasaraina

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

IPK Anjlok, Indonesia Makin Korup?

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending