NUSANTARA

Pemantauan Aktifitas Gunung Ijen Terkendala Alat

Pemantauan Aktifitas Gunung Ijen Terkendala Alat

KBR68H, Banyuwangi – Pemantauan aktivitas vulkanik Gunung Ijen di Jawa Timur terkendala minimnya alat. Pasalnya, lima dari enam alat yang ada di Gunung Ijen rusak tersambar petir.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Ijen Bambang Heri Purwanto mengatakan, saat ini hanya dua alat pemantau yang bisa digunakan. Sementara empat lainnya rusak disambar petir.

“Itu yang sementara satu yang sudah diperbaiki yang lain belum masih tahap perbaikan yang sudah kena satu. Yang kemarin yang tersambar itu tinggal satu sekarang kemarin diperbaiki upaya diperbaiki sudah kenak satu. Sebenarnya sih kita masih punya data ya terganggu sih tidak tapi akurasinya memang kurang,” kata Bambang Heri Purwanto.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Ijen Bambang Heri Purwanto menambahkan, selain empat alat tersebut satu CCTV yang terpasang di kawah Gunung juga rusak. Akibatnya, pemantauan secara visual tidak bisa dilakukan setiap hari.

Saat ini status Gunung Ijen masih siaga. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan jarak aman sejauh 1,5 kilometer dan puncak gunung.

  • Gunung
  • Ijen
  • PVMBG
  • Jawa Timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!