NUSANTARA

Medan Terapkan Pengadaan Barang dan Jasa Berwawasan Lingkungan

"Pemerintah Kota Medan berkomitmen mengedepankan pengadaan barang dan jasa yang lebih berwawasan lingkungan. Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah Pemkot Medan, Qamarul Fatah, mengatakan, pengadaan yang ramah lingkungan sesuai Peratu"

Medan Terapkan Pengadaan Barang dan Jasa Berwawasan Lingkungan
barang, jasa, lingkungan, medan

Pemerintah Kota Medan berkomitmen mengedepankan pengadaan barang dan jasa yang lebih berwawasan lingkungan. Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah Pemkot Medan,  Qamarul Fatah, mengatakan, pengadaan yang ramah lingkungan sesuai Peraturan Presiden dimana pemenuhan kebutuhan barang/jasa yang keseluruhan tahapan prosesnya memberikan manfaat, tidak hanya untuk Kementrian/Lembaga/Departemn/Instnasi memberikan manfaat dengan meminimalkan dampak kerusakan lingkungan.
 
Konsepnya dapat diterjemahkan dalam dokumen pemilihan berupa persyaratan yang mengarah kepada pemanfaatan sumber daya alam secara arif, dan mendukung pelestarian fungsi lingkungan  seperti yang diamanahkan  UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
             
Atas dasar itulah itu Qamarul mengajak untuk memulai pengadaan yang ramah lingkungan, dengan memulai menerapkan prinsip-prinsip yang mendukung terhadap pelestarian lingkungan hidup, sehingga kerusakan lingkungan dapat diminamilisir dari sekarang.
 
Hal itu bisa dimulai dengan melaksanakan pengadaan barang/jasa yang memiliki perharian terhadap pelestarian, perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup. Persyaratan ini dapat diaplikasikan ke dalam dokumen pengadaan dengan memberikan nilai terhadap barang/jasa yang ramah lingkungan.

Sumber: star news 

  • barang
  • jasa
  • lingkungan
  • medan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!